Thursday, December 4, 2014

KLIK PROPOSAL USAHA DISTRO

                PROPOSAL USAHA DISTRO
           BAB I
 KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang memberikan anugrah yang begitu besar kepada kita memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu artikel blog saya yang sekarang saya bangun.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan artikel ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya artikel ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu artikel ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.

BAB II
PENDAHULUAN

A.    NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN
Nama perusahaan        : LUK Distro
Alamat perusahaan      : Jl. Tulis barat, Batang – jawa tengah Indonesia

B.     NAMA DAN ALAMAT PEMILIK
Nama pemilik            : AHMAD LUKMAN HAKIM
Alamat pemilik          : Jl. Tulis barat, Batang – jawa tengah Indonesia
No. Telp                     :08991231995


BAB III
     DAFTAR ISI
⃘ Bab I Kata pengantar
⃘ Bab II Pendahuluan
⃘ Bab III dafta  isi
⃘ Tujuan usaha distro
⃘ Deskripsi produk
⃘ Produk yang di hasilkan
⃘ Target pasar
⃘ Harga produk
⃘Promosi
⃘ Tempat
⃘ Analisa shot
⃘ Kekuatan keunggulan
⃘ Anggran
⃘ Kata penutup

TUJUAN USAHA  DISTRO
Tujuan saya membangun distro ini sebagai berikut :
·         Suatu keinginan yang ingin dicapai seperti mencari uang tambahan
·         Menjadi distro yang banyak diminati masyarakat dan maju
·         Mendatangkan peluang kerja bagi masyarakat di sekitar agar tidak terbebani oleh minimnya lowongan kerja
·         Menjadikan masyarakat desa tidak ketinggalan jaman
·         Belajar untuk menjadi seorang wirausaha muda yang sukses
·         Ingin menjadi seorang wirausaha yang handal, supel, bekerja keras, dan ulet.
·         Mewujudkan cita – cita yng sudah lama saya idamkan
·         Ingin Menjadi warga Negara yang percaya diri
·         Menjadi salah satu dari sekian  banyaknya tunas bangsa yang mandiri

DESKRIPSI PRODUK
1.      Desain
Di dalam produk ini kami tidak mendesain sendiri tetapi kami mempunyai beberapa desain yang sudah di tentukan oleh pabrik sendiri. Jadi untuk sementara waktu kami hanya memilih 1 jenis kain atau desain barang tersebut.

2.      Teknologi
Dalam distro kami mungkin agak banyak menggunakan teknologi. Dimana teknologi yang kami pakai seperti lampu yang tahan lama, tape dan speaker, kipas angin. Dengan begitu konsumen akan merasa senang dan nyaman datang berkunjung ke distro .

3.      Keunikan
Keunikan dari distro kami yaitu karena baru kami yang mendirikan sebuah distro dan memiliki barang-barang yang berkualitas tapi terjangkau harganya oleh masyarakat.
4.      Daya Saing
Dengan berdirinya distro yang pertama kali buka di kota saya ini dikatakan masih belum ketat dikarenakan belum ada distro yang berdiri di kota saya .
5.     Bahan
Selain menggunakan bahan yang berkualitas bagus, Distro juga melayani pemesanan melalui internet. Selain differensiasi produk berdasarkan media jenis baju,  distro ini juga menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dan gambar yang beraneka ragam yang tidak mudah rusak ataupun luntur.

PRODUK YANG DI HASILKAN
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3,5 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja. Adapun kualitas produk atau mutu produk yang saya hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
 o Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date
 o Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci. Kegunaan produk Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat Selain itu, produk yang saya pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
 o Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen, o kualitas produk terjamin o sesuai dengan selera masyarakat
TARGET  PASAR
Dalam menjalankan bisnis kaos distro anda harus juga terlebih dahulu menentukan siapa target pasar anda nantinya, buatlah target yang lebih spesifik dan benar – benar tertarget berdasarkan hasil survey yang paling banyak meminati kaos distro dari kalangan siapa, hal ini akan memudahkan anda dalam melakukan pemasaran nantinya, misalkan target yang spesifik seperti : remaja , photgrafer, para pemilik komunitas dan lain –lain  sebagainya, dengan adanya penentuan target bisnis anda tersebut maka akan memperjelas bagi anda dalam penargetan pemasaran bisnis kaos distro anda.
HARGA PRODUK
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
   JENIS PRODUK
   HARGA
Kemeja
Rp. 120.000
Kaos
Rp. 90.000
Jeans
Rp. 380.900
Gaun
Rp. 235.800
Kerudung
Rp. 69.900
Rok
Rp. 109.900
Jaket
Rp. 199.900
Aksesoris
Rp. 24.500 – 70.000


PROMOSI
Yang satu ini perlusekali kita lakukan karna agar distro yang kita buat cepat terkenal dan tidak asing di sebagian konsumen di sekitar kita dan di luar lingkungan kita, langkah promosi bias kita lakukan seperti berikut :
Strategi yang akan saya jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·         Membuat catalog-katalog mengenai Fashion yang sedang uptodate di distro

 TEMPAT
·         Lokasi
Lokasi distro sangatlah strategis yaitu di JL. Raya tulis barat sebelah kiri gg flamboyan RT 19/RW 03 kec. Tulis , Batang Jawa tengah dan sangat mudah dijangkau masyarakat serta berada di jalan.
ANALISA  SWOT
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis distro di daerah saya tiggal, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

KEKUATAN  KEUNGGULAN
varibel kunci
Sub Varibel
Indikator
kekuan / kelemahan
bobot
rating
Boxrat
INTERNAL






HARGA 35%


Kekuatan
0,35
2
0,7
Lokasi 35%


Kekuatan
0,35
2
0,7
Marketing 10%
Internet 50%

Kekuatan
0,5
1
0,05

Event music 50%

Kekuatan
0,5
2
0,1
Produk 20%
Model 30%

kelemaan
-0,06
1
-0,06

Desain 70 %

kekutan
0,14
1
0,14
JUMBLAH            100%





1,63

ANGARAN
Beberapa asumsi dalam pembiayaaan usaha distro adalah bahwa peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan nilai residu peralatan sebesar Rp 10.000,00 atas dasar perthitungan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.500.000,00 – Rp 10.000,00) / 4 = Rp 824.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 87.729,00 per bulan
Modal
perawatan
Hanger + rak lemari display
Rp    2.000.000
Meja + kursi cashier
Rp    300.000
Pemutar musik MP3 + speaker
Rp    1.000.000
Jumlah
Rp    3.300.000

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.300.000,00 – Rp 1.000,00) / 4 = Rp 824.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 87.729,00 per bulan.
·         Barang dagangan awal         
(kaus, tas, topi, dan lain lain)                          Rp    2.500.000,00
Renovasi tempat usaha + desain interior     Rp    2.500.000,00
·         Perlengkapan:           
Promosi                                                          Rp       300.000,00
Kantong plastik (cetak)                                 Rp       100.000,00
Plastik                                                             Rp         50.000,00
Kalkulator                                                        Rp         75.000,00
ATK                                                                 Rp         50.000,00                                                                 
·         Jumlah                                               Rp       575.000,00


·         Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan   Pendapatan:  
Pemasukan dari beragam barang yang terjualRp 250.000,00
x 30 hariRp    7.500.000,00
·         Biaya-biaya:  
Sewa tempat                           Rp       500.000,00
Listrik                                      Rp       250.000,00
Harga pokok barang               Rp    2.500.000,00
Transportasi                            Rp       200.000,00
Upah pegawai                         Rp       650.000,00
Biaya perlengkapan                Rp       575.000,00
Biaya penyusutan peralatan   Rp         72.708,00
Jumlah biaya                          Rp    4.947.708,00
Laba Bersih                            Rp    2.552.292,00



KATA  PENUTUP
Demikian proposal ini saya susun, saya menyimpulkan bahwa berdirinya lapangan usaha ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini. Tidak ada yang dapat menandingi kemampuannya yaitu tuhan yang maha esa Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir kata dari saya  saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian Distro”. Dan terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan peluang usaha yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya.

Saya ucapkan  Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih. 


Itulah  tulisan yang saya tulis  di  blog saya ini  , kalaupun  ada informasiyang kurang didalam postingan, saya selaku ADMIN BLOG meminta maaf  dan alangkah baiknya jika anda  ber partisipasi ,ingin menyampaikan saran atau kritik langsung ke blog saya ini supaya blog saya ILOVE NEGERIKU ini dapat terus berbenah dan berkarya untuk bisa mewujudkan sarana saling tukar ilmu yang lebih baik lagi saya pun mengucapkan banyak - banyak terimakasih dan wasalam mualaikum.

apakah  artikel saya yang berjudul : KLIK PROPOSAL USAHA DISTRO  ini membantu para pengujung.?
jika ia apa komentar anda tentang isi di dalam postingan saya yang satu ini monggo berkomentar ><><><>
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment